Cerita di Balik Sebuah Nama

Di pertengahan kehamilan, saya dan Ray banyak berdiskusi soal nama anak kami kelak. Apalagi karena kami sudah mengetahui jenis kelamin anak kami sejak bulan ke-4. Dari awal kami sepakat untuk hanya menggunakan 3 kata agar nama anak kami tidak terlalu panjang karena kasihan nanti saat ujian sekolah atau mengisi formulir apapun waktu nya bisa habis untuk menulis nama. Kami juga sepakat untuk memberikan nama dengan awalan alphabet “A” agar selalu terdepan di absensi atau di antrian yang menggunakan nama (apa banget).

Nama pertama yang kami sepakati waktu itu adalah: Alexandr Leon Passandaran. Dengan harapan anak laki-laki kami kelak bisa menjadi anak yang tough, berani dan perkasa seperti singa. Tapi saat kandungan saya berumur 8 bulan, nama tersebut mendapat pertentangan dari Ibu saya dengan alasan “anak yang bernama Leon biasanya nakal” karena sebenarnya dalam hati saya juga masih kurang sreg dengan nama tersebut (karena agak sedikit meaningless), akhirnya kami memutuskan untuk mencari nama baru.

Mencari nama anak ternyata tidak semudah itu karena banyak orang bilang nama adalah doa dan (walaupun mungkin bisa diganti) nama akan berlaku seumur hidup si anak. 2 minggu berlalu begitu saja, saya dan Ray masih belum mendapat nama hingga akhirnya suatu hari saya mendapat ide “nama saya mengandung unsur cahaya (bright) dan nama suami saya juga mengandung unsur cahaya (ray), jadi sepertinya make sense kalau nama anak kami juga mengandung unsur cahaya” berawal dari ide itu, kami pun mulai mencari nama yang memiliki unsur cahaya hingga akhirnya kami menemukan nama Arka di bahasa sansekerta yang artinya “Sun” atau “Ray of Light” 

First name sudah didapat, PR selanjutnya adalah mencari middle name untuk nama Arka. Pencerahan datang dari sahabat saya yang menyarankan untuk menggunakan nama Santo atau Santa yang perayaan nama nya disesuaikan dengan bulan kelahiran anak saya (Januari). Setelah browsing, saya pun menemukan nama Timothy dari Santo Timotius yang memiliki arti lain “Honoring God”. Setelah coba dirangkai pun nama Arka dan Timothy terdengar cocok. Nama anak kami pun dilengkapi dengan nama keluarga Passandaran dari Papa nya.

Arka Timothy Passandaran. Ray of bright light who honoring his God from Passandaran’s family.



Jojo – xx

One thought on “Cerita di Balik Sebuah Nama

  1. Elsie says:

    FYI only. Arka is a common name of “Hindu Boy”.. meaning Surya, as a deity is also found in the arts and literature of Buddhism and Jainism. Sanskrit is the primary language of Hinduism, a philosophy language of Hinduism, Jainism, Bhudhism and Sikhism and a literary of ancient. Nothing to do with Christianity😄😄❤❤

Leave a Reply

