SG Trip Day 1: Marina Bay, Gardens by The Bay

Minggu lalu kami sekeluarga liburan ke Singapura. First experience untuk kami sekeluarga pergi jauh bertiga dengan menggunakan pesawat. Karena nya, untuk mengantisipasi keribetan di perjalanan, saya memilih jam terbang di jam tidur Arka, memakai baju yang nursing friendly, menyiapkan snack di tas cabin dan membawa barang-barang seperlunya saja.

Karena sekarang kami travelling dengan membawa bayi, saya dan Ray yang tadinya lebih suka menggunakan backpack ketimbang koper harus berpindah haluan menjadi team koper untuk meminimalisir barang bawaan. Beberapa minggu sebelum perjalanan, saya dan Ray membeli koper yang lebih besar dan lebih kuat dari yang kami punya sekarang. Hitung-hitung sekalian investasi untuk kebutuhan perjalanan keluarga kami ke depannya. Untuk kepraktisan, kami juga menyewa cabin sized stroller yang mudah dilipat dan dibawa di salah satu situs penyewaan perlengkapan bayi. Dengan begini barang bawaan kami terdiri dari: 1 koper ukuran large, 1 stroller yang bisa dijadikan tas punggung, 1 daypack yang kami fungsikan sebagai diapers bag, dan 1 gendongan hipseat.

Selain persiapan barang bawaan, tiket masuk tempat wisata juga sudah kami beli sebelum berangkat untuk menghindari antrian di lokasi dan untuk menghemat budget. Saran saya kalau membawa anak kecil cari tiket yang open date, just in case cuaca atau kondisi di tempat tujuan mengharuskan pergantian itinerary. Itinerary juga wajib disusun terlebih dahulu agar di tujuan sudah tidak bingung mau kemana.

Kami berangkat dari terminal 2 SHIA ke terminal 4 Changi Airport (yang baru). Selama perjalanan di udara, apa yang saya khawatirkan tidak terjadi. Arka tidur dengan pulas dan bangun sekitar 10 menit sebelum pesawat landing. Dari terminal 4 Changi Airport kami naik bus ke terminal 2, membeli kartu ezlink, lalu naik MRT ke hotel kami; 30 Bencoolen yang letaknya tepat di seberang Stasiun MRT Bencoolen dan diapit oleh Stasiun MRT Bras Basah dan Stasiun MRT Bugis.

Setelah check-in, mandi dan istirahat sejenak, kami pergi menuju Marina Bay untuk mencari makan malam sekaligus foto-foto. Dari Marina Bay kami berjalan kaki menuju Gardens by The Bay menikmati lampu-lampu taman sampai malam. Sambil pulang ke hotel, kami membeli makan malam di Food Republic (foodcourt) yang terletak di sebelah hotel kami.

Lanjut ke postingan hari kedua …..